Pengembangan E-modul Ekologi Tumbuhan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Komunitas Tumbuhan Menggunakan Software Appypie untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Paramitha, Mila Nanda (2021) Pengembangan E-modul Ekologi Tumbuhan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Komunitas Tumbuhan Menggunakan Software Appypie untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_MILA_NANDA_PARAMITHA_19177033_4634_2021.pdf] Text
final_3_MILA_NANDA_PARAMITHA_19177033_4634_2021.pdf

Download (978kB)

Abstract

Terciptanya proses pembelajaran yang bermakna bagi mahasiwa sangat tergantung pada
inovasi dan kreativitas pendidik dalam mengembangkan bahan ajar.Salah satu bahan ajar inovatif
yang dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran yakni, e-modul. E-modul dapat
didefinisikan sebagai bentuk penyajian bahan ajar mandiri yang disusun secara sistematis ke
dalam unit pembelajaran tertentu yang disajikan dalam format elektronik. E-modul yang
dikembangkan menggunakan pendekatan kontekstual akan menyebabkan mahasiwa memperoleh
pembelajaran yang lebih bermakna, karena dapat mengaitkan materi dengan kehidupan nyata
sehari hari. E-modul disajikan secara sistematis sehingga di dalamnya terdapat teks, gambar dan
video relevan, oleh sebab itu digunakan software appypie yang digunakan dalam pengembangan
e-modul Ekologi Tumbuhan.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul Ekologi Tumbuhan berbasis
Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan software appypie pada Materi
Komunitas Tumbuhan yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar
mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model
Plomp. Tahap pengembangan model ini diawali dengan 1) Preliminary research phase 2)
Development or prototyping phase dan 3) Assessment phase. Subjek penelitian ini adalah
mahasiswa Pendidikan Biologi UNP T/A 2019. Objek penelitian e-modul Ekologi Tumbuhan
berbasis CTL pada Materi Komunitas Tumbuhan. Instrumen penelitian yang digunakan yakni:
lembar, wawancara, lembar observasi, lembar angket validitas dan praktikalitas, dan tes (soal
objektif). Teknik analisis data validitas, praktikalitas menggunakan penskoran skala likert yang
telah dimodifikasi dan data efektivitas menggunakan uji-t menggunakan SPSS versi 17.
Hasil penelitian menunjukkan e-modul Ekologi Tumbuhan berbasis Contextual Teaching
and Learning (CTL) pada Materi Komunitas Tumbuhan sangat valid dengan nilai 87.96 %.
Penilaian praktikalitas oleh dosen memperoleh nilai 97.93 % dengan kriteria sangat praktis dan
penilaian mahasiswa dengan nilai 89.42 % dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji efektivitas
didapatkan bahwa kelas yang menggunakan e-modul Ekologi Tumbuhan berbasis CTL memiliki
nilai lebih tinggi dibanding kelas yang tidak menggunakan e-modul Ekologi Tumbuhan berbasis
CTL, sehingga penggunaan multimedia yang dilengkapi dengan gambar, animasi dan video
dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi. Dapat disimpulkan bahwa e-modul
Ekologi Tumbuhan berbasis CTL yang telah dikembangkan berada pada kategori sangat valid,
sangat praktis, dan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Q Science > QK Botany
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 18 Dec 2025 01:21
Last Modified: 18 Dec 2025 01:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32917

Actions (login required)

View Item
View Item