Kontribusi Minat Baca dan Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Argumentatif Siswa kelas XI MAN 1 Bangko Kabupaten Merangin.

Anwar, Khairul (2015) Kontribusi Minat Baca dan Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Argumentatif Siswa kelas XI MAN 1 Bangko Kabupaten Merangin. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_KHAIRUL_ANWAR_1204095_6590_2016.pdf] Text
final_2_KHAIRUL_ANWAR_1204095_6590_2016.pdf

Download (998kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya (1) kontribusi minat baca terhadap keterampilan menulis argumentatif siswa kelas XI MAN 1 Bangko Kabupaten Merangin, (2) kontribusi keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis argumentatif siswa kelas XI MAN 1 Bangko Kabupaten Merangin, (3) kontribusi minat baca dan keterampilan membaca pemahaman secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis argumentatif siswa kelas XI MAN 1 Bangko Kabupaten Merangin. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN I Bangko Kabupaten Merangin tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling atau penarikan sampel secara acak berdasarkan proporsi jumlah siswa per kelas. Sampel penelitian ini diambil 10 % dari jumlah populasi siswa per kelas, yaitu 36 siswa dengan sampel 25 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket, tes, dan unjuk kerja yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian ini berupa hasil minat baca, keterampilan membaca pemahaman, dan keterampilan menulis argumentatif yang diubah ke dalam bentuk nilai. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment (PPM), uji korelasi ganda, uji t, uji F, dan rumus koefisien determinan untuk mengetahui besar kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Minat baca memberikan kontribusi yang signifikan sebesar 60,53% terhadap keterampilan menulis argumentatif karena thitung > ttabel atau 5,94 > 1,714. (2) Keterampilan membaca pemahaman memberikan kontribusi yang signifikan sebesar 73,27% terhadap keterampilan menilis argumentatif karena thitung > ttabel atau 7,925 > 1,714. (3) Minat baca dan keterampilan membaca pemahaman secara bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan sebesar 73,96% terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik hikayat karena thitung > ttabel atau 31,34 > 3,44. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa minat baca dan keterampilan membaca pemahaman, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keterampilan menulis argumentatif siswa kelas XI MAN I Bangko Kabupaten Merangin.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Minat Baca dan Keterampilan Membaca, Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 18 Dec 2025 00:53
Last Modified: 18 Dec 2025 00:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32881

Actions (login required)

View Item
View Item