: Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII di MTsN Lubuk Buaya Kota Padang

Trisanova, Yohana (2015) : Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII di MTsN Lubuk Buaya Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YOHANA_TRISANOVA_54843_2038_2015.pdf] Text
final_B1_1_YOHANA_TRISANOVA_54843_2038_2015.pdf

Download (576kB)

Abstract

Hasil belajar yang memuaskan dan di atas KKM merupakan hal yang sangat diharapkan dalam proses pembelajaran. Namun, proses pembelajaran matematika di MTsN Lubuk Buaya Kota Padang belum melibatkan siswa secara optimal dalam pembelajaran, siswa kurang aktif dan pembelajaran menjadi kurang bermakna. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) mampu menciptakan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan membantu mengaitkan materi dengan konteks kehidupan nyata yang siswa hadapi sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa yang belajar dengan pendekatan RME dan siswa yang belajar dengan metode konvensional pada kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang. Sampel dalam Penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa soal esai dengan pendekatan RME. Setelah dilakukan analisis menggunakan uji-t dengan bantuan software Minitab, diperoleh P-value =0,001 dengan α = 0,05. Karena P-value < , maka hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa perbandingan hasil belajar siswa dengan pendekatan RME lebih baik dari pada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 17 Dec 2025 00:33
Last Modified: 17 Dec 2025 00:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32767

Actions (login required)

View Item
View Item