Suswanti, Sesi (2018) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP NEGERI 1 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2016/2017. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_SESI_SUSWANTI_11163_467_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kompetensi belajar IPA peserta didik baik pada aspek pengetahuan, sikap serta keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran IPA kelas VII SMPN 1 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2017. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Tebing Tinggi yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini dibantu oleh 2 orang observer. Data kompetensi sikap diperoleh dengan menggunakan instrument lembar observasi sikap yang meliputi sikap bertanggung jawab, disiplin dan kerjasama. Data kompetensi keterampilan diperoleh dengan menggunakan intstrumen tes praktik, serta data pengetahuan dari nilai tes di akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kompetensi belajar peserta didik. Peningkatan tersebut dapat terlihat pada masing-masing aspek yang diukur dalam penelitian ini dari siklus 1 ke siklus II. Aspek pengetahuan pada siklus 1 memperoleh data 54,16% peserta didik yang tuntas, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 79,16% peserta didik yang tuntas. Aspek sikap menunjukkan perolehan data 2,63 dengan predikat baik, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 3,03 predikat baik. Aspek keterampilan pada siklus I memperoleh data 2,82 predikat baik, meningkat pada siklus II menjadi 3,09 predikat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kompetensi belajar peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 08:16 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 08:16 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32754 |
