Kontribusi Disiplin dan Pengetahuan Lingkungan terhadap Perilaku Bersih Siswa pada Sekolah Dasar Negeri 19 Kampung Baru Kota Pariaman

Edinov, Sanny (2017) Kontribusi Disiplin dan Pengetahuan Lingkungan terhadap Perilaku Bersih Siswa pada Sekolah Dasar Negeri 19 Kampung Baru Kota Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_SANNY_EDINOV_15168012_5519_2017.pdf] Text
final_03_SANNY_EDINOV_15168012_5519_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap individu harus dapat menjiwai setiap tindakan dan perilaku yang dilakukannya dalam kehidupan. Adanya lembaga pendidikan tentunya berperan penting untuk mendapatkan kompetensi ilmu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Perkembangan kepribadian sedari kecil baik dalam cara berpikir, bersikap maupun cara berperilaku ditentukan oleh sekolah. Usia sekolah merupakan masa rawan terserang berbagai penyakit. Munculnya berbagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah umumnya berkaitan dengan Perilaku Bersih. Kebiasaan hidup bersih yang ditanamkan pada usia dini tentunya berkaitan dengan disiplin dan pengetahuan yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kontribusi dari aspek disiplin dan pengetahuan lingkungan terhadap perilaku bersih siswa pada Sekolah Dasar (SD) Negeri 19 Kampung Baru Kota Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas I-VI SD Negeri 19 Kampung Baru Kota Pariaman yang diambil secara proportional random sampling sebanyak 81 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner, disajikan secara deskriptif, dan dilakukan analisis data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat kontribusi disiplin (X1) terhadap perilaku bersih siswa (Y) sebesar 27,70 %, (2) Terdapat kontribusi pengetahuan lingkungan (X2) terhadap perilaku bersih siswa (Y) sebesar 53,00 %, serta (3) Terdapat kontribusi disiplin (X1) dan pengetahuan lingkungan (X2) secara bersama-sama terhadap perilaku bersih siswa (Y) sebesar 54,20 %. Dari temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa disiplin (X1) dan pengetahuan lingkungan (X2), baik masing-masing ataupun secara bersama-sama mempunyai kontribusi terhadap perilaku bersih siswa (Y). Saran penelitian ini kepada kepala sekolah dan guru agar dapat selalu memantau disiplin dan pengetahuan lingkungan yang dimiliki siswa karena hal ini dapat menunjang perilaku bersih mereka terhadap lingkungan sekitar. Di sisi lain, disarankan juga kepada siswa agar dapat selalu meningkatkan disiplin dan pengetahuan lingkungan yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Konstribusi Disiplin, Pengetahuan Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Lingkungan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 16 Dec 2025 01:54
Last Modified: 16 Dec 2025 01:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32732

Actions (login required)

View Item
View Item