Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Payakumbuh.

Halimahtusadiah, Halimahtusadiah (2014) Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HALIMATUSADIAH_15711_2672_2014.pdf] Text
final_B1_HALIMATUSADIAH_15711_2672_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lima permasalahan berikut. Pertama,ketidakefektifan metode ceramah yang digunakan guru bidang studi BahasaIndonesia terhadap pembelajaran menulis cerpen. Kedua, siswa masih kesulitanmenemukan ide cerita. Ketiga, siswa masih kesulitan mengembangkan ide ceritamelalui penggambarkan alur, penokohan, serta latar cerita. Keempat,ketidaktepatan siswa dalam menulis ejaan dalam menulis cerpen. Kelima,rendahnya nilai keterampilan menulis cerpen di bawah rata-rata.Tujuan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikanketerampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 5 Payakumbuh sebelummenggunakan metode CIRC. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menuliscerpen sesudah menggunakan metode CIRC siswa kelas IX SMP Negeri 5Payakumbuh. Ketiga, mengetahui efektivitas metode pembelajaran CIRC terhadappembelajaran keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 5Payakumbuh.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimensemu (quasi experiment) dan menggunakan rancangan penelitian One GroupPretest-Posttest. Jumlah populasi penelitian adalah 111 siswa kelas IX SMPNegeri 5 Payakumbuh, namun untuk jumlah sampel diambil 31 siswa.Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik Proporsional RandomSampling. Data penelitian ini adalah hasil tes keterampilan menulis cerpensesudah menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Posttest) dansebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Pretest) siswakelas IX SMP Negeri 5 Payakumbuh. Hasil tes tersebut dibandingkan denganmenggunakan rumus uji-t untuk mengetahui efektivitas metode kooperatif CIRCterhadap pembelajaran menulis cerpen.Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama,keterampilan menulis cerpen sesudah menggunakan metode pembelajarankooperatif tipe CIRC siswa kelas IX SMP Negeri 5 Payakumbuh berada padakualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 78,59. Kedua, keterampilan menuliscerpen sebelum metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC siswa kelas IX SMPPadang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata66,88. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1)diterima pada taraf siginifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = n - 2 karenathitung > ttabel (3,73>1,70). Dengan kata lain, terdapat efektivitas yang signifikanterhadap penggunaan metode pembelajaran kooperatif CIRC dalam keterampilanmenulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 5 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE, KETERAMPILAN MENULIS, MENULIS CERPEN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 15 Dec 2025 09:16
Last Modified: 15 Dec 2025 09:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32654

Actions (login required)

View Item
View Item