Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Ajar Enzim dan Metabolisme Sel di SMAN 1 Solok Selatan

Masni, Rika Tirta (2017) Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Ajar Enzim dan Metabolisme Sel di SMAN 1 Solok Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_RIKA_TIRTA_MASNI_15177035_2052_2017.pdf] Text
final_03_RIKA_TIRTA_MASNI_15177035_2052_2017.pdf

Download (730kB)

Abstract

Pembelajaran biologi seharusnya mudah dipahami oleh siswa karena topik yang dibahas dalam biologi adalah seluruh mahkluk hidup termasuk diri siswa. Namun, dalam kenyataannya masih terdapat materi biologi yang sulit dipahami oleh siswa, salah satunya adalah materi enzim dan metabolisme sel. Siswa SMAN 1 Solok Selatan tahun pelajaran 2015-2016 kesulitan memahami materi enzim dan metabolisme sel yang dibuktikan dari rendahnya hasil belajar siswa. Sebelum menemukan solusi untuk kesulitan belajar siswa pada materi ini, terlebih dahulu harus diketahui sub topik yang menyebabkan siswa sulit memahami materi enzim dan metabolisme sel ini serta faktor penyebab kesulitannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sub topik yang menyebabkan siswa sulit memahami materi enzim dan metabolisme sel serta faktor penyebab kesulitannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode campuran yang menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes diagnostik dan wawancara. Informan penelitian adalah seluruh siswa kelas XII MIA SMAN 1 Solok Selatan tahun pelajaran 2015-2016. Data hasil tes diagnostik dianalisis dengan menghitung jumlah siswa yang menjawab salah setiap soal tes, yang menunjukkan siswa kesulitan memahami sub topik sesuai soal. Data hasil wawancara dianalisis melalui tahap reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada semua sub topik materi enzim dan metabolisme sel ditemukan siswa yang tidak mampu menjawab soal tes diagnostik dengan benar, terutama pada sub topik respirasi anaerob dan sub topik keterkaitan katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak, semua siswa tidak mampu menjawab soal tes dengan benar. Disimpulkan bahwa seluruh sub topik pada materi enzim dan metabolisme sel sulit dipahami oleh siswa terutama pada sub topik respirasi anaerob dan sub topik keterkaitan katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Hasil wawancara memperlihatkan bahwa terdapat empat faktor utama yang menyebabkan siswa kesulitan memahami semua sub topik materi enzim dan metabolisme sel, yaitu guru cepat dalam menjelaskan materi, siswa tidak mengulang kembali pelajaran di rumah, siswa tidak berani bertanya, dan guru tidak menggunakan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Siswa, Materi Enzim dan Matabolisme Sel
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 15 Dec 2025 02:09
Last Modified: 15 Dec 2025 02:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32569

Actions (login required)

View Item
View Item