Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Kelas X SMAN 3 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2011/2012.

Juwita, Dia Prima (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Kelas X SMAN 3 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DIA PRIMA JUWITA_86147.pdf] Text
final_B1_DIA PRIMA JUWITA_86147.pdf

Download (990kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pada prosespembelajaran matematika, siswa tidak dibiasakan berdiskusi untuk berbagipengetahuan dengan siswa lainnya. Kurangnya pemahaman konsep matematikasiswa merupakan salah satu indikator yang dapat menunjukkan penguasaankonsep matematika siswa rendah. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini denganmenerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa denganmenerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih tinggidaripada pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajarankonvensional.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancanganRandomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalahsiswa kelas X SMAN 3 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun pelajaran2011/2012 dan teknik dalam penentuan sampel adalah random sampling. Adapunyang menjadi sampel adalah siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan siswakelas X1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniadalah tes essay untuk melihat pemahaman konsep matematika siswa denganmenggunakan rubrik penskoran. Data yang diperoleh dianalisis denganmenggunakan uji t-tes pada taraf nyata .Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematikacenderung meningkat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsepmatematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe ThinkTalk Write lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika siswa denganpembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, KONSEP MATEMATIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 15 Dec 2025 02:02
Last Modified: 15 Dec 2025 02:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32565

Actions (login required)

View Item
View Item