Agustin, Refsilia (2017) Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan Berdasarkan Tipe Kepribadian. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_REFSILIA_AGUSTIN_1304861_5161_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Idealnya siswa SMA sudah memiliki perencanaan terkait dengan apa yang akan mereka lakukan setelah lulus dari sekolah. Salah satunya adalah merencanakan pilihan pendidikan yang sesuai dengan tipe kepribadiannya. Kesesuaian tipe kepribadian dengan pilihan pendidikan lanjutan yang akan diambil akan menumbuhkan kesenangan, kenyamanan dan memiliki peluang berhasil bagi individu yang menjalaninya. Namun pada kenyataan masih ditemukan siswa yang belum memahami diri terkait dengan perencanaan yang akan dilakukan setelah lulus SMA. Hal ini ditandai dengan masih adanya siswa yang ingin melanjutkan pendidikan tapi belum merencanakan jurusan yang akan dipilih di perguruan tinggi ataupun bagi siswa yang ingin bekerja belum mempersiapkan diri memasuki bidang pekerjaan yang sesuai dengan tipe kepribadiannya. Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan minat siswa melanjutkan pendidikan berdasarkan tipe kepribadian menurut Holland. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi sebanyak 256 siswa SMA Negeri 2 Batang Kapas, sampel yang diteliti berjumlah 160 orang yang diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner model likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa keseluruhan minat siswa melanjutkan pendidikan berdasarka tipe kepribadian menurut Holland berada pada kategori sedang, dengan rincian sebagai berikut: 1) minat siswa melanjutkan pendidikan berdasarkan tipe kepribadian realistis berada pada kategori sedang, 2) minat siswa melanjutkan pendidikan berdasarkan tipe kepribadian investigatif berada pada kategori sedang, 3) minat siswa melanjutkan pendidikan berdasarkan tipe kepribadian artistik berada pada kategori sedang, 4) minat siswa melanjutkan pendidikan berdasarkan tipe kepribadian sosial berada pada kategori sedang, 5) minat siswa melanjutkan pendidikan berdasarkan tipe kepribadian enterprising berada pada kategori tinggi, dan 6) minat siswa melanjutkan pendidikan berdasarkan tipe kepribadian konvensional berada pada kategori sedang
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Tipe Kepribadian |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
| Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 03:04 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 03:05 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32477 |
