Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Strategi Problem Based Learning di Kelas IV SD Negeri 12 Mundam Sakti Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung

Putra, Randi Eka (2015) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Strategi Problem Based Learning di Kelas IV SD Negeri 12 Mundam Sakti Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RANDI_EKA_PUTRA_1203987_2833_2015.pdf] Text
final_B1_1_RANDI_EKA_PUTRA_1203987_2833_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah jarangnya guru mengajukan pertanyaan berupa masalah situasi nyata kepada peserta didik, kurangnya aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, jarangnya peserta didik mengajukan pendapat dalam pembelajaran, serta jarangnya peserta didik bertanya dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peningkatan aktivitas dan hasil belajar di kelas IV SD N 12 Mundam Sakti IV Nagari Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif sederhana. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN 12 Mundam Sakti Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung yang berjumlah 20 orang. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dilakukan oleh peneliti. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2014/2015 di SDN 12 Mundam Sakti Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung. Data penelitian ini dikumpulkan melalui pengamatan, catatan lapangan, video, dokumentasi dan hasil tes. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika di kelas IV SDN 12 Mundam Sakti Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung. Hal ini terlihat dari aktivitas oral, writing,dan mental peserta didik pada akhir siklus II sudah melebihi standar Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 76%. Hal yang sama juga terlihat pada hasil belajar peserta didik yaitu ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I 60%, dan pada siklus II menjadi 95%. Melihat hasil penelitian ini, maka penelitian tindakan kelas dalam penggunaan strategi PBL pada pembelajaran matematika perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 12 Dec 2025 02:48
Last Modified: 12 Dec 2025 02:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32446

Actions (login required)

View Item
View Item