Dewiana, Dewiana (2011) Analisis Soal Tes Sumatif Bentuk Pilihan Ganda pada Mata Pelajaran TIK Kelas VII Semester Ganjil Tahun Ajar 2010/2011 di SMPN 20 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DEWIANA_87943_2011.pdf
Download (217kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya ditemukan soal-soal tes hasilbelajar yang belum memenuhi kiteria. Salah satunya tes penilaian objektif yang dirancangguru yang tidak memperhitungkan validitas dan reliabilitasnya, kurang memperhatikankualitas soal dalam segi daya pembeda butir soal serta tingkat kesukarannya, dalampembuatan tes hanya mengambil dari soal-soal yang ada di lembar kerja siswa atau darisoal tes sebelumnya, hanya berpedoman pada buku paket saja yang mengambi materi soalsecara acak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui butir-butir soal mana sajakah yangtelah memenuhi kriteria yang baik dari aspek tingkat kesukaran, daya pembeda,distraktor, reliabilitas serta validitas suatu soal.Penelitian ini berbentuk evaluatif. Penelitian ini berusaha untuk mencari informasisebenarnya tentang analisis soal tes sumatif ujian semester mata pelajaran TIK kelas VIIsemester ganjil Tahun Ajar 2010/2011 SMPN 20 Padang. Populasi penelitian adalahlembar jawaban siswa yang mengikuti ujian semester ganjil mata pelajaran TIK kelas.Jumlah kelas yang menjadi populasi adalah 8 kelas pada SMPN 20 Padang denganjumlah siswa seluruhnya 305 orang yang mengikuti ujian semester ganjil 2010. Dalampenelitian ini teknik penarikan sampel menggunakan teknik Systematic Sampling. Teknikpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi yang diambildari lembaran tes. Alat pengumpulan data yang dikembangkan adalah format tabulasidata yang merupakan blanko isian yang menghitung frekwensi jawaban bagi masingmasing pilihan jawaban untuk setiap soal. Kemudian data diolah dengan menggunakanteknik analisis data dengan cara mencari indeks kesukaran, daya pembeda, distraktor,reliabilitas serta validitas butir soal.Berdasarkan dari penelitian dan setelah dianalisis dapat dilihat kualitas tingkatkesukaran dan daya pembeda dari 50 butir soal, 37 butir soal (74%) dapat dimasukankedalam bank soal, 13 butir soal (26%) jika akan dimasukan kedalam bank soal harusdiperbaiki dan disempurnakan. 20 soal (40 %) dari keseluruhan tes, distraktornya belumbisa dikatakan memenuhi kategori soal yang baik. Langkah untuk menjadikannya soalyang baik dengan memperbaiki distraktornya. Dari 50 soal sebanyak 76 % atau 39 butirsoal telah dikatakan valid. Sedangkan sebanyak 14 % atau 11 soal dikatakan tidak valid.Nilai reliabilitas tes yang valid adalah 0,79 yang lebih besar dari r tabel 0,159 dapatdiartikan bahwa terdapat korelasi yang signifikan pada soal tes sumatif mata pelajaranTIK kelas VII.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | TES SUMATIF, PILIHAN GANDA, PELAJARAN TIK |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 02:43 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 02:43 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32424 |
