Penggunaan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dikelas V SD Negeri No.02 Teratak Tengah

Dewita, Efni (2011) Penggunaan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dikelas V SD Negeri No.02 Teratak Tengah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_EFNI_DEWITA_09826_2011.pdf] Text
final_B1_EFNI_DEWITA_09826_2011.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan dikelas V SD Negeri No.02 Teratak Tengah, ditemukan bahwa dalam pembelajaran IPA masih berpusat pada guru.Siswa menjadi pasif dan tidak kreatif yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar
IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan Kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri No.02 Teratak Tengah.Kecamatan IV Jurai.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat kali dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek
penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri No.02 Teratak Tengah.Teknik pengumpulan yang digunakan adalah test, observasi, dan catatan lapangan.Instrumen penelitian berupa test hasil belajar, lembar observasi dan lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA
siswa. Peningkatan hasil belajar IPA siswa dapat dilihat pada : (a). rata-rata skor aspek afektif siswa pada siklus pertama adalah 69,07% termasuk kriteria kurang,
siklus II meningkat menjadi 82,35% termasuk kriteria baik, (b). rata-rata skor aspek psikomotor siswa pada siklus I adalah 68,82% termasuk kriteria kurang,
siklus II meningkat menjadi 82,66% termasuk kriteria baik, dan (c). rata-rata skor aspek kognitif pada siklus I 67,19% kemudian pada siklus II meningkat
menjadi 83,75% dan telah mencapai standar ketuntasan minimal yang telah ditetapkan, dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan
hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri No.02 Teratak
Tengah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 12 Dec 2025 01:00
Last Modified: 12 Dec 2025 01:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32370

Actions (login required)

View Item
View Item