Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak melalui Permainan Huruf Punggung Berantai di Kelompok A TK Kasih Ibu Ps. Lansat Kadap Kecamatan Rao Selatan Kab. Pasaman.

Rahmainingsih, Dewi (2011) Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak melalui Permainan Huruf Punggung Berantai di Kelompok A TK Kasih Ibu Ps. Lansat Kadap Kecamatan Rao Selatan Kab. Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DEWI_RAHMANINGSIH_79136_2011.pdf] Text
final_B1_DEWI_RAHMANINGSIH_79136_2011.pdf

Download (147kB)

Abstract

Perkembangan bahasa adalah perkembangan dan perubahan yang terjadi pada segalabentuk komunikasi, pikiran, perasaan manusia yang disimbolisasikan agar dapat menyampaikanarti kepada orang lain. Mengamati perkembangan bahasa anak TK adalah hal yang sangatpenting, perkembangan bahasa memegang peranan yang sangat penting karena perkembanganbahasa berhubungan erat dengan perkembangan kecerdasan lainnya. Dalam membantuperkembangan bahasa anak, dapat dilakukan dengan berbagai macam permainan, diantaranyamelalui permainan huruf punggung berantai. Permainan ini di sampaikan pada anak TK KasihIbu Ps. Lansat Kadap Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman di duga dapat membantudalam meningkatkan perkembangan bahasa anak.Penelitian ini menggambarkan penggunaan permainan melalui huruf punggung berantaidalam meningkatkan perkembangan bahasa anak sehingga dapat dirumuskan permasalahandalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berbahasa anak TK dan apakah dengan melaluipermainan huruf punggung berantai kemampuan berbahasa anak akan dapat meningkat. Jenispenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan subjek penelitiannya adalah anak TKKasih Ibu Ps. Lansat Kadap Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Psaaman TK 2010, khususnyamurid kelompok A yang berjumlah 19 orang. Penguimpulan data menggunakan format observasidan dokumenter sedangakn teknik analisis data yang digunakan adalah persentase dengan tabeldistribusi frekuensi.Penelitian ini menyimpulkan bahwa permainan huruf punggung berantai melalui 2 huruflebih membnatu dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak, maka pertanyaan penelitianterjawab bahwa dengan melalui permainan huruf punggung berantai akan dapat meningkatkankemampuan berbahasa anak. Seiring dengan temuan penelitian ini, maka peneliti menyarankanbagi para pendidik PAUD / guru TK agar kemampuan berbahasa anak dapat meningkat sesuaiindikator perkembangan bahasa, maka sebaiknya dalam melakukan pembelajaran untukmeningkatkan kemampuan berbahasa anak akan menggunakan permainan yang bervariasidiantaranya melalui permainan huruf punggung berantai sebagai salah satu alternatif dalammerangsang dan mengembangkan aspek kecerdasan bahasa pada anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK, PERMAINAN HURUF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 11 Dec 2025 23:57
Last Modified: 11 Dec 2025 23:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32347

Actions (login required)

View Item
View Item