Afrina, Efi (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SD N 16 Campago Ipuh Kec. Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_EFI_AFRIANA_50595_2011.pdf
Download (186kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SD Negeri 16 Campago Ipuh Bukittinggi. Bahwa siswa kesulitan memahami konsep-konsep IPS terbukti dengan nilai IPS yang kurang memuaskan. Ini disebabkan proses pembelajaran IPS masih bersifat konvensional. Hal ini mengakibatkan siswa kesulitan memahami konsep-konsep IPS. Padahal untuk menyampaikan materi IPS dibutuhkan metode pembelajaran yang berfariasi, efektif dan menyenangkan.Diantara berbagai metode pembelajaran yang ada salah satunya metode problem solving. Metode ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpikir dan berdiskusi, melatih siswa memecahkan masalah. Melihat hal tersebut dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penggunaan metode problem solving untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD N 16 Campago Ipuh Bukittinggi Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas untuk melihat penggunaan metode problem solving pada pembelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masingmasing siklus 1 kali pertemuan dengan alokasi waktu setiap pertemuan 4 jam pelajaran. Pembelajaran dengan Metode ini menggunakan 5 langkah sesuai pendapat Syaiful.Setiap pertemuan dilaksanakan empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi.Setiap akhir pertemuan diadakan tes untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Selama pelaksanaan,observernya adalah guru kelas VI dengan berpedoman pada lembar pengamatan.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya pembelajaran dengan metode Problem solving melatih siswa berbagi pengalaman, berani mengeluarkan pendapat serta mau menerima perbedaan pendapat serta mengubah peran guru sebagai fasilitator dan motivator bagi siswa. Penelitian ini juga memperlihatkan peningkatan hasil belajar siswa sebelum tindakan sampai setelah tindakan dilakukan dari siklus I dengan nilai rata-rata siswa 67,6 dan setelah dilaksanakan siklus II melalui perbaikan pada proses pembelajaran berdasarkan tes yang dilaksanakan mencapai nilai rata-rata 83. Jadi terdapat peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II 1,6. Dengan demikian, dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 10:03 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 10:03 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32329 |
