Efendi, Joni (2015) The Effectiveness of Trigonal Pencil Tool Upgrades In Writing In Children Learning Difficulties SDN 20 Kalumbuk Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_JONI_EFFENDI_1105367_3658_2015.pdf
Download (717kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan peneliti temukan di SDN 20 Kalumbuk. Seorang anak kelas III keliru dalam menuliskan huruf a, e, u, g, j, k, p, s, t, y dalam sebuah bacaan sehingga hasil tulisannya sulit untuk dibaca. Jadi penelitian bertujuan untuk membuktikan efektifitas alat Trigonal Pencil dalam peningkatan kemampuan menulis pada anak kesulitan belajar di SDN 20 Kalumbuk. Penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan metode Single Subject Research ( SSR ), desain A-B-A dan teknis analisis data menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah siswa kesulitan belajar Kelas III. Anak disuruh untuk menyalin huruf a, e, u, g, j, k, p, s, t, y dan menebalkan huruf a, e, u, g, j, k, p, s, t, y setiap kali pengamatan. Penilaian dilakukan mentally data yang ditulis dengan tepat. Pengukuran variabel menggunakan frekuensi. Pada kondisi baseline (A1) pengamatan dilakukan enam kali dengan mean level menyalin huruf 2,5 dan menebalkan huruf 0,2, pada kondisi intervensi (B) pengamatan dilakukan 8 kali dengan mean level menyalin huruf 6,7 dan menebalkan huruf 6,6 dan pada kondisi baseline (A2) pengamatan dilakukan enam kali dengan mean level menyalin huruf 9 dan menebalkan huruf 7,8. Hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecendrungan arah, kecendrungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukkan peningkatan secara positif. Overlap data pada analisis antar kondisi pada kondisi baseline (A1) dan intervensi (B) dalam menyalin dan menebalkan huruf adalah 0%, dan overlap data pada fase baseline (A2) dan intervensi (B) untuk menyalin huruf 83% dan menebalkan huruf 3,33%, Berdasarkan hal tersebut, menunjukkan bahwa alat Trigonal Pencil mampu meningkatkan kemampuan menulis pada anak kesulitan belajar kelas III di SD N 20 Kalumbuk Padang. Disarankan pada guru untuk menggunakan alat Trigonal Pencil untuk peningkatan menulis pada anak kesulitan belajar.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Efektifitas Alat Trigonal Pencil, Dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Pada Anak Kesulitan Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 09:16 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 09:16 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32272 |
