Pengaruh Strategi Peta Konsep dan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi pada Materi Pokok Asam Basa Kelas XI MA Darul Hikmah Pekanbaru

Rahman, Khairil (2014) Pengaruh Strategi Peta Konsep dan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi pada Materi Pokok Asam Basa Kelas XI MA Darul Hikmah Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_KHAIDIR_RAHMAN_19486_1755_2015.pdf] Text
final_3_KHAIDIR_RAHMAN_19486_1755_2015.pdf

Download (763kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan sulitnya siswa memahami konsep serta hubungan antara konsep materi kimia sehingga berakibat pada rendahnya nilai siswa.Hal ini terlihat pada nilai sebagian siswa yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sehingga pembelajaran kimia belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar kimia siswa kelas XI MA Darul Hikamah Pekanbaru pada materi pokok Asam Basa menggunakan strategi peta konsep, peta pikiran dan konvensional ditinjau dari motivasi siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan faktorial 2x3. Waktu pengambilan data dari tanggal 4 Maret-5 April 2013. Sampel terdiri dari tiga kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 3. Pengolahan data menggunakan program SPSS.Teknik analisis data untuk hipotesis pertama, kedua dan ketiga menggunakan anava satu arah dengan kriteria terima H0 jika Sig.>0,05. Hasil penelitian menunjukkan untuk hipotesis pertama terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan strategi peta pikiran strategi peta konsep dan kelas konvensional dengan Sig= 0,00. Uji hipotesis kedua menunjukkan terdapat perbedaan antara kelas peta konsep bermotivasi tinggi, peta pikiran bermotivasi tinggi dan konvensional bermotivasi tinggi secara signifikan dengan Sig=0,001. Untuk hipotesis ketiga memiliki nilai Sig=0,000 yang berarti bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas peta pikiran bermotivasi rendah, peta pikiran bermotivasi rendah dan konvensional bermotivasi rendah.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: Perpustakaan Penerbitan
Date Deposited: 11 Dec 2025 09:05
Last Modified: 11 Dec 2025 09:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32262

Actions (login required)

View Item
View Item