Penggunaan Handout dan Lembaran Kerja Siswa Berbasis Mind Map dalam Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Ssiwa Kelas XI SMAN 1 Solok Selatan

Herison, Herison (2017) Penggunaan Handout dan Lembaran Kerja Siswa Berbasis Mind Map dalam Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Ssiwa Kelas XI SMAN 1 Solok Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_HERISON_19762_3090_2017.pdf] Text
final_03_HERISON_19762_3090_2017.pdf

Download (216kB)

Abstract

Berdasarkan observasi di lapangan, didapatkan informasi bahwa hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Solok Selatan masih rendah. Hasil belajar ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran biologi yang berlangsung di SMAN 1 Solok Selatan belum optimal membangun pengetahuan dan pemahaman peserta didik. Keaktifan siswa dalam pembelajaran belum sesuai harapan, hanya didominasi oleh siswa-siswa tertentu yang cendrung egois dan sulit bekerja sama. Ketercapaian hasil belajar yang rendah ini harus ditindaklanjuti dengan usaha perbaikan mutu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan handout dan lembar kerja siswa berbasis mind map dalam model pembelajaran numbered head together terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Solok Selatan sebanyak 4 kelas dengan total 112 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan randomized control group only design. Sebagai sampel penelitian adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Data yang diambil merupakan data primer dari skor hasil tes akhir siswa di kelas sampel. Kemudian data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 74,1 lebih tinggi dibanding nilai rata-rata kelas kontrol 67,5. Berdasarkan kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan di SMAN 1 Solok Selatan untuk mata pelajaran biologi Kelas XI Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah 65. Pada kelas eksperimen jumlah siswa yang mencapai KKM 27 orang dari 29 siswa dengan ketuntasan klasikal 93,1% sementara pada kelas kontrol hanya 20 dari 27 siswa yang nilainya mencapai KKM dengan ketuntasan klasikal 74,07 Dari analisis data diperoleh thitung = 3,53 sementara ttabel dengan dk = (n1+n2-2) = (29+27-2) = 54 pada α = 0,05 di dapatkan nilai ttabel 2,67. Dari perhitungan didapatkan thitung > ttabel, yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas sampel. Dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima yakni “Ada pengaruh penggunaan handout dan lembaran kerja siswa berbasis mind map dalam model pembelajaran numbered head togeteher terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Solok Selatan”.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Handout dan Lembar Kerja Siswa (LKS), Mind Map (Peta Pikiran), Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 11 Dec 2025 06:49
Last Modified: 11 Dec 2025 06:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32223

Actions (login required)

View Item
View Item