Mayasari, Endang (2011) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Bertanya dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ENDANG_MAYASARI_42966_5589_2011.pdf
Download (368kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan bertanya terhadap hasil belajar siswa (2) Pengaruh persepsi siswa tentang motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (3) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan bertanya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sisiwa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Variabel yang diteliti adalah keterampilan bertanya (X1) dan motivasi belajar siswa (X2) sebagai variabel bebas dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi (Y) sebagai variabel terikat. Data primer yang diperoleh langsung melalui kuisioner (angket) yang di rancang dengan menggunakan skala Linkert dan data sekunder. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang yang berjumlah 238 orang. Penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling untuk mendapatkan sampel, sehingga diperoleh sampel berjumlah 70 orang. Sebelum angket ini disebarkan kepada sampel penelitian terlebih dahulu di uji cobakan dan di lakukan uji validitas dan reliabiltas. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan � = 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Keterampilan bertanya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, (2) Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, (3) Secara bersama-sama keterampilan bertanya dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan bertanya dan motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Oleh karena itu penulis menyarankan kepada pihak sekolah terutama guru dan siswa SMU Pembangunan Laboratorium UNP Padang agar bisa melakukan interaksidan komunikasi dengan baik dan bisa berperan aktif aktif dalam proses belajar mengajar.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 03:24 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 03:24 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32186 |
