Hubungan Keterampilan Memahami Teks Cerpen dan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman

Edriana, Widya (2015) Hubungan Keterampilan Memahami Teks Cerpen dan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_WIDYA_EDRIANA_54467_639_2015.pdf] Text
final_B1_1_WIDYA_EDRIANA_54467_639_2015.pdf

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterampilan memahami teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman. (2) keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman. (3) hubungan memahami teks cerpen dan keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang yang berjumlah 218 orang dan tersebar dalam enam kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah proposional random sampling dengan jumlah sampel 32 orang (15% dari jumlah populasi per kelas). Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan memahami teks cerpen berupa tes objektif dengan jumlah soal 31 butir dan skor hasil tes unjuk kerja keterampilan menulis teks cerpen. Data yang sudah terkumpul dianalisis sesuai indikator untuk mendapatkan nilai siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan memahami teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup (77,44). Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 7 man berada pada kualifikasi lebih dari cukup (73,74). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan memahami teks cerpen dan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai nilai ttabel lebih kecil daripada thitung (1,68<7,91). Dengan demikian, keterampilan memahami teks cerpen memegang peranan penting untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Memahami teks cerpen, menulis teks cerpen.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 11 Dec 2025 03:18
Last Modified: 11 Dec 2025 03:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32172

Actions (login required)

View Item
View Item