Perbedaan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi dalam Pembelajaran Menggunakan LKS yang Dibeli dengan LKS Yang Dibuat oleh Guru di SMA Negeri 5 Bukittinggi

Sahara, Sahara (2013) Perbedaan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi dalam Pembelajaran Menggunakan LKS yang Dibeli dengan LKS Yang Dibuat oleh Guru di SMA Negeri 5 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SAHARA_05679_3293_2013.pdf] Text
final_B1_1_SAHARA_05679_3293_2013.pdf

Download (533kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dalam pembelajaran dengan
menggunakan LKS yang dibuat guru dengan pembelajaran konvensional dengan
LKS yang dibeli di SMA Negeri 5 Bukittinggi.
Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah
siswa kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi, sedangkan yang menjadi sampel yaitu
kelas X7 yang menggunakan LKS yang dibuat guru sebagai kelas eksperimen dan
kelas X5 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional menggunakan
LKS yang dibeli dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian memperlihatkan rata-rata peningkatan hasil belajar kelas
eksperimen sebesar 37,15 dan kelas kontrol sebesar 31,50. Pada hasil uji hipotesis
Gain Score diperoleh nilai Zhit = 2,7910 dan Ztab = 1,96 sehingga Zhit > Ztab
maka H0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan gain score hasil
belajar siswa dengan mengunakan LKS yang dibuat guru dengan LKS yang
dibeli

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pendekatan kontekstual, metode ceramah, LKS yang dibuat guru, LKS yang dibeli.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:57
Last Modified: 11 Dec 2025 02:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32161

Actions (login required)

View Item
View Item