Bentuk Pelaksanaan Remedial pada Pembelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Asrirahayu, Widya (2012) Bentuk Pelaksanaan Remedial pada Pembelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_WIDYA_ASRIRAHAYU_65270_1295_2012.pdf] Text
final_B1_1_WIDYA_ASRIRAHAYU_65270_1295_2012.pdf

Download (263kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyaknya siswa kelas XI yang belum tuntas pada pembelajaran geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai bentuk pelaksanaan remedial pada pembelajaran geografi kelas XI SMA Negeri Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian yang lebih menekankan kepada deskripsi secara alami dengan informan semua guru bidang studi geografi di SMA Negeri Kecamatan Lubuk Basung yang berjumlah 6 orang. Pengumpulan data penelitian adalah dengan melakukan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, klasifikasi data, triangulasi dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Siswa kelas XI di SMA Negeri Kecamatan Lubuk Basung masih banyak yang tidak tuntas pada pembelajaran geografi, yaitu di SMA Negeri 1 jumlah siswa 175 orang terdapat 46 orang yang tidak tuntas, di SMA Negeri 2 jumlah siswa 169 orang terdapat 74 orang yang tidak tuntas, dan di SMA Negeri 3 jumlah siswa 114 orang terdapat 34 orang yang tidak tuntas. 2) Bentuk pelaksanaan remedial yang dilakukan guru di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 adalah dengan melaksanakan remedial di luar jam sekolah (outside school hours), dan remedial pemisahan (withdrawal), dengan dengan menjelaskan secara rinci materi yang belum dikuasai siswa dengan menggunakan metode dan media yang berbeda, pemberian bimbingan secara khusus dan tugastugas latihan secara khusus kepada siswa, SMA Negeri 3 bentuk pelaksanaan remedial yang dilaksanakan guru adalah remedial di luar jam sekolah (outside school hours) dengan memberikan tugas-tugas latihan secara khusus kepada siswa. 3) Setelah dilaksanakan ujian remedial siswa sudah 100% mencapai ketuntasan dalam belajar, nilai yang diperoleh siswa adalah berdasarkan nilai KKM yang ditetapkan di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bentuk pelaksanaan remedial.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:58
Last Modified: 11 Dec 2025 02:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32157

Actions (login required)

View Item
View Item