Kontribusi Pelaksanaan Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru di SMK N 7 Padang

Zahara, Zelva (2014) Kontribusi Pelaksanaan Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru di SMK N 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_ZELVA_ZAHARA_15571_4213_2014.pdf] Text
final_B1_1_ZELVA_ZAHARA_15571_4213_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis pada SMK N 7 Padang yang menunjukkan pelaksanaan fungsi kepemimpinan kepala sekolah yang masih rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi disiplin kerja guru salah satunya adalah pelaksanaan fungsi kepemimpinan kepala sekolah .Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang:pelaksanaan fungsi kepemimpinan dan disiplin kerja guru serta mengetahui kontribusi pelaksanaan fungsi kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di SMK N 7 Padang.Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat Kontribusi antara pelaksanaan fungsi kepemimpinan kepala sekolah dengan Disiplin Kerja Guru. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yaitu melihat kontribusi antara pelaksanaan fungsi kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di SMK N 7 Padang. Populasi penelitian berjumlah 70 orang yaitu seluruh guru SMK N 7 Padang. Sampel berjumlah 59 orang yang ditarik dengan menggunakan teknik strata dengan melihat pada tabel Krejchi. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket model skala Likert dengan lima alternatif jawaban. Validitas instrument diperoleh melalui rumus Spearman dan reliabilitas instrument diperoleh melalui rumus Alpha. Hasil uji coba instrument kedua variabel menunjukkan valid yaitu 0,8213 untuk variabel X dan 0,8819 untuk variabel Y dan reliable yaitu 0,89621 untuk variabel X dan 0,9096 untuk variabel Y. Analisis data menggunakan rumus Korelasi Product Moment, sebelum rumus ini digunakan terlebih dahulu dicari mean, median, modus dan standar deviasi dari kedua variabel, kemudian dilakukan uji normalitas dengan rumus chi kuadrat, setelah itu baru digunakan rumus Korelasi Product Moment dan pengujian keberartian kontribusi variabel pelaksanaan fungsi kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru digunakan rumus r². Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: pelaksanaan fungsi kepemimpinan kepala sekolah berada pada kategori cukup baik yaitu (75,36%), dan disiplin kerja guru di SMK N 7 Padang berada pada kategori cukup baik yaitu (69,06%). Terdapat kontribusi yang signifikan dan positif antara pelaksanaan fungsi kepemimpinan kepala sekolah dengan disiplin kerja gurudi SMK N 7 Padang dengan koefisien korelasi rhitung = 0,330> rtabel = 2,660 pada taraf kepercayaan 99%. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa semakin baik disiplin kerja guru yang dilakukan oleh kepala sekolah maka semakin tinggi disiplin kerja guru tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Kerja Guru; Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:50
Last Modified: 11 Dec 2025 02:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32142

Actions (login required)

View Item
View Item