Fitri, Safrina Dewi (2012) Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Kampus dengan Tipe Giving Questian And Getting Answer (GQGA) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Di SMA Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_SAFRINA_DEWI_FITRI_88686_1532_2012.pdf
Download (542kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang
signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi
pembelajaran tipe bowling kampus dengan tipe giving question and getting
answer (GQGA) pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X di SMAN 4 Padang.
Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil
belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe bowling kampus
dengan tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) pada mata pelajaran
Ekonomi siswa kelas X di SMAN 4 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian
ini yaitu siswa kelas X2 dan X4 SMA N 4 Padang. Teknik pengambilan sampel
penelitian adalah Purposive Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data
primer dan sekunder, kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji Z.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas Bowling Kampus
82,88 dan kelas GQGA 77,25. Dari hasil uji hipotesis diperoleh Z hitung 2,13 dan
Ztab 1,96 dengan α 0,05. Jadi Zhitung > Ztab maka H0 ditolak, sehingga terdapat
perbedaan yang signifikan hasil belajar Ekonomi siswa yang menggunakan
strategi pembelajaran aktif tipe Bowling Kampus dengan strategi pembelajaran
aktif tipe GQGA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi
pembelajaran aktif tipe Bowling Kampus dan GQGA dapat meningkatkan hasil
belajar Ekonomi siswa. Dan jika dibandingkan, pembelajaran aktif tipe Bowling
Kampus dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa lebih baik dari GQGA
Dari hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan jalan keluar bagi
suatu permasalahan rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran
Ekonomi. Akhirnya, untuk dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa,
disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe
Bowling Kampus dan tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) sebagai
alternatif dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 02:47 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 02:48 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32138 |
