Bella, Widya Satma Fesa (2012) erbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Belajar Aktif Tipe Peer Teaching dengan Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_WIDYA SATMA FESA BELLA_88692_3473_2012.pdf
Download (777kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan strategi belajar aktif tipe Peer Teaching dengan metode Ceramah pada pelajaran Ekonomi di kelas X SMA Negeri Gunung Talang. Hipotesisi penelitian adalah hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe Peer Teaching lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Ceramah di kelas X SMA N 2 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancanngan penelitian “Pretest-Posttest Control Group Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Gunung Talang yang terdaftar pada tahu ajaran 2011/2012. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data dari penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Teknik analisis data dilakukan melalui uji Z dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan homogenitas terhadap varians kedua kelas sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe Peer Teaching lebih tinggi 81,62 dari kelas kontrol dengan menggunkan metode Ceramah 75,74. Dari hasil uji hipotesis diperoleh Zhit 2,31 dan Ztab 1,96 dengan α = 0,05. Jadi Zhitung > Ztab maka Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Ekonomi siswa menggunakan strategi belajar aktif tipe Peer Teaching dengan metode Ceramah. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Ekonomi siswa menggunakan strategi belajar aktif tipe Peer Teaching lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan metode Ceramah. Namun secara keseluruhan, baik tipe Peer Teaching maupun metode Ceramah dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa. Disarankan kepada guru untuk dapat mempertimbangkan strategi belajar aktif tipe Peer Teaching dengan metode Ceramah sebagai alternatif dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi belajar aktif, Peer Teaching. |
| Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 02:40 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 02:41 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32097 |
