Susanti, Edvi (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 02 Banda Dalam Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_EDVI SUSANTI_52371_2012.pdf
Download (310kB)
Abstract
Berdasarkan latar belakang masalah yang ditemui pada pembelajaran IPA di
SD Negeri 02 Banda Dalam dimana guru cendrung melaksanakan pembelajaran
yang berpusat pada guru, tidak mengaitkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari
siswa dan kurangnya melakukan percobaan dalam pembelajaran sehingga siswa
menjadi kurang aktif, kreatif dan terampilan dalam pembelajaran, sehingga hasil
belajar siswa rendah. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses
pembelajaran IPA khususnya mengidentifikasikan wujud benda dan sifatnya
dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme.Pendekatan ini adalah
pendekatan yang membangun pengetahuan yang telah dimilikinya.
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk memperoleh
peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme
dengan langkah-langkah (1) pengaktifan pengetahuan yang sudah ada, (2)
pemerolehan pengetahuan baru, (3) pemahaman pengetahuan, (4) menerapkan
pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh, (5) refleksi. Penelitian ini meliputi
(1) perencanaa (2) pelaksanan (3) pengamatan (4) refleksi. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dan kuantitatif, dilaksanakan 2 siklus. Data penelitian ini berupa informasi tentang
data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil observasi, aktivitas guru dan siswa
pada akhir pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD terteliti
dengan jumlah 29 orang.
Hasil penilaian siklus I terhadap RPP diperoleh skor 82,14 kriteria baik
siklus II diperoleh skor 96,87 kriteria sangat baik. Hasil penilaian aspek kognitif,
afektif dan psikomotor siklus I diperoleh rata-rata 66,68 dengan kriteria cukup dan
perlu dilanjutkan ke siklus II. Hasil penilaian siklus II diperoleh hasil rata-rata nilai
siswa menjadi 86,79 dengan kriteria sangat baik. berdasarkan hasil pengamatan
terlihat peningkatan hasil belajar, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Maka
dapat disimpulkan penelitian dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi mengidentifikasikan wujud
benda dan sifatnya.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 02:38 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 02:38 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32092 |
