Pengaruh Model Problem Based Learning dan Kemampuan Awal terhadap Kompetensi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kerinci

Sapawer, Futri Zakiyah Apria (2018) Pengaruh Model Problem Based Learning dan Kemampuan Awal terhadap Kompetensi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kerinci. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_FUTRI_ZAKIYAH_APRIA_SAPAWER_16177013_4814_2018.pdf] Text
final_03_FUTRI_ZAKIYAH_APRIA_SAPAWER_16177013_4814_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas VII SMP Negeri 7 Kerinci menunjukkan bahwa kompetensi peserta didik pada ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning dan kemampuan Awal di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dan Kemampuan Awal terhadap kompetensi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Kerinci, tahun pelajaran 2017/2018, sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIc sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Problem Based Learning dan kempuan awal dan kelas VIId sebagai kelas kontrol yang diberi perlakukan model Direct Instruction dan kemampuan awal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes pengetahuan, dan lembar pengamatan sikap dan keterampilan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t untuk kompetensi pengetahuan, serta uji Mann Whitney U untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kompetensi belajar IPA peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada peserta didik kelas kontrol dengan nilai Sig.<0,05. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dan kemampuan awal rpengaruh terhadap kompetensi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Awal, Kompetensi Peserta Didik, Eksperimen Semu
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:18
Last Modified: 10 Dec 2025 07:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31992

Actions (login required)

View Item
View Item