Kontribusi Gaya Belajar dan Fasilitas Workshop terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Melakukan Instalasi Sound System Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Payakumbuh

Sari, Ranti Fitri (2014) Kontribusi Gaya Belajar dan Fasilitas Workshop terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Melakukan Instalasi Sound System Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_RANTI_FITRIA_SARI_13769_1851_2014.pdf] Text
B1_05_RANTI_FITRIA_SARI_13769_1851_2014.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar pada mata diklat Melakukan Instalasi Sound System Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Payakumbuh, dimana 33,72% siswa mendapatkan nilai hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata diklat Melakukan Instalasi Sound System yaitu 70 dengan rentang nilai 0 – 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kontribusi gaya belajar dan fasilitas workshop terhadap hasil belajar mata diklat Melakukan Instalasi Sound System siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 86 orang dan sampel berjumlah 47 orang siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple random sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran Melakukan Instalasi Sound System SMK Negeri 2 Payakumbuh. Sedangkan data gaya belajar dan fasilitas workshop dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel 2007 dan SPSS Version 16. Hasil analisis data menunjukkan: (1) gaya belajar memberikan kontribusi sebesar 18,45% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2012/2013; (2) Fasilitas workshop memberikan kontribusi sebesar 25,73% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2012/2013; (3) Gaya Belajar dan Fasilitas Workshop secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 40,09% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2012/2013. Jadi dapat disimpulkan bahwa Gaya Belajar dan Fasilitas Workshop berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin baik gaya belajar dalam proses belajar mengajar dan semakin baik fasilitas workshop, maka hasil belajar akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 10 Dec 2025 03:27
Last Modified: 10 Dec 2025 03:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31939

Actions (login required)

View Item
View Item