Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Prakerin terhadap Perencanaan Karir Siswa di SMK Negeri 1 Sawahlunto

Muliyanti, Emi (2011) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Prakerin terhadap Perencanaan Karir Siswa di SMK Negeri 1 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_EMI_MULIYANTI_08054_786_2011.pdf] Text
final_B1_EMI_MULIYANTI_08054_786_2011.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh
persepsi siswa tentang pelaksanaan prakerin terhadap perencanaan karir siswa di
SMK Negeri 1 Sawahlunto.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif asosiatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan Akuntansi yang
sekaligus menjadi sampel dalam penelitian (total sampling) yang berjumlah 56
orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket.
Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba penelitian untuk
menentukan validitas dan reliabilitas instrument penelitian. Teknik analisis data
menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis dan analisis regresi linear
sederhana.
Berdasarkan analisis data diperoleh variabel persepsi siswa tentang
pelaksanaan prakerin tergolong dalam kategori sangat baik dengan tingkat capaian
responden sebesar 85,89% dan untuk variabel perencanaan karir juga tergolong
dalam kategori sangat baik dengan tingkat capaian responden sebesar 85.20% .
Persepsi siswa tentang pelaksanaan prakerin berpengaruh signifikan terhadap
perencanaan karir siswa SMK Negeri 1 Sawahlunto sebesar 15.2% dengan level
sig < α yaitu 0.03 < 0.05.
Untuk meningkatkan perencanaan karir siswa disarankan kepada pihak
sekolah khususnya kepada para guru agar dapat membimbing dan mengarahkan
siswa kepada karir yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat siswa agar siswa
tidak salah pilih dalam menentukan karir yang cocok dengan dirinya. Selain itu,
siswa sebaiknya lebih mempunyai persepsi yang positif terhadap pelaksanaan
prakerin yang sudah ditetapkan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 10 Dec 2025 02:45
Last Modified: 10 Dec 2025 02:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31935

Actions (login required)

View Item
View Item