Pengaruh Persepsi Siswa tentang Sistem Moving Class dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Padang

Rizki, Rahmi (2012) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Sistem Moving Class dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RAHMI_RIZKI_88656_1533_2012.pdf] Text
final_B1_1_RAHMI_RIZKI_88656_1533_2012.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauhmana (1) pengaruh persepsi siswa tentang sistem moving class terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi SMA negeri 1 Padang. (2) Pengaruh persepsi siswa tentang sistem moving class terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Padang, (3) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Padang, (4) Pengaruh persepsi siswa tentang sistem moving class dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang yang berjumlah 221orang. Teknik penarikan sampel adalah propotional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 69 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif, Uji asumsi klasik: Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, Uji Model, Analisis Jalur, dan Uji hipotesis dengan menggunakan Uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi siswa tentang sistem moving class terhadap hasil belajar Ekonomi dengan tingkat sig 0,030 < α = 0,05; t hitung 2,213 > t table 1,995 dan koefisien jalur 0,259 serta besarnya pengaruh 6,71%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi siswa tentang sistem moving class terhadap motivasi belajar dengan tingkat sig 0,030 < α = 0,05; t hitung 2,220 > t table 1,995 dan koefisien jalur 0,262 serta besarnya pengaruh 6,86%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar terhadap hasil belajar Ekonomi dengan tingkat sig 0,047 < α = 0,005; t hitung 2,026 > t table 1,995 dan koefisien jalur 0,237 serta besarnya pengaruh 5,61%. (4) Secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel persepsi siswa tentang sistem moving class dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan tingkat signifikan 0,04 < α = 0,05; F hitung 6,092 > F tabel 3,13 dan koefesien jalur 0,156 serta besarnya pengaruh 1,59%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada guru agar dapat meningkatkan pengelolaan sistem moving class agar dapat meningkatkan persepsi siswa tentang sistem moving class sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kepada siswa agar meningkatkan perhatian dalam belajar, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dan kepada peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar Ekonomi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SISTEM MOVING CLASS, MOTIVASI BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 10 Dec 2025 02:39
Last Modified: 10 Dec 2025 02:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31914

Actions (login required)

View Item
View Item