Hidayati, Vinazullah (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Ekspositoris Berbantuan Mind Mapping Siswa Kelas VII. 2 SMP Negeri 2 Kamang Magek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_VINAZULLAH_HIDAYATI_00104_5035_2012.pdf
Download (917kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ada dua. Pertama, menjelaskan peningkatan proses pembelajaran kemampuan menulis narasi ekspositoris berbantuan mind mapping siswa kelas VII. 2 SMP Negeri 2 Kamang Magek dilihat dari empat indikator penilaian tulisan narasi ekspositoris, yaitu memperluas pengetahuan, menyampaikan suatu kejadian secara kronologis, penalaran, dan menggunakan bahasa yang informatif. Kedua, menjelaskan peningkatan hasil pembelajaran kemampuan menulis narasi ekspositoris berbantuan mind mapping siswa kelas VII. 2 SMP Negeri 2 Kamang Magek dilihat dari empat indikator penilaian tulisan narasi ekspositoris yaitu, memperluas pengetahuan, menyampaikan suatu kejadian secara kronologis, penalaran, dan menggunakan bahasa yang informatif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode deskriptif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi, catatan lapangan, dan angket respons siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui tes unjuk kerja, yaitu menulis narasi ekspositoris. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur setiap siklus terdiri dari empat langkah kegiatan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. 2 SMP Negeri 2 Kamang Magek Kabupaten Agam yang berjumlah 21 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, secara kualitatif terdapat peningkatan kualitas proses pembelajaran kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII. 2 SMP Negeri 2 Kamang Magek Kabupaten Agam setelah dilaksanakan tindakan kelas berbantuan mind mapping. Kedua, secara kuantitatif terdapat peningkatan hasil kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII. 2 SMP Negeri 2 Kamang Magek Kabupaten Agam setelah dilaksanakan tindakan kelas berbantuan mind mapping. Ketiga, penerapan mind mapping dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII. 2 SMP Negeri 2 Kamang Magek Kabupaten Agam. Peningkatan tersebut terlihat pada perolehan nilai rata-rata hitung yang signifikan, yaitu prasiklus 50,79%, siklus I 67,46%, dan siklus II 90,48%.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menulis Narasi, Ekspositoris, Mind Mapping |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:16 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:16 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31882 |
