Yanti, Chika Maida (2024) Efektifitas Penggunaan Media Pop-up Book Berbasis Bercerita terhadap Keterampilan Berbicara Anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_7_CHIKA_MAIDA_YANTI_20022137_318_2025.pdf
Download (7MB)
Abstract
Dasar dari penelitian ini adalah pentingnya keterampilan berbicara pada anak di Taman Kanak-kanak. Penggunaan media pop-up book dalam bercerita dapat mengembangkan keterampilan berbicara anak. Karena pop-up book adalah jenis media 3D yang mampu memberikan efek bergerak yang setiap halamannya dibuka akan menampakkan sebuah gambar yang timbul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media pop-up book berbasis bercerita terhadap keterampilan berbicara anak di taman kanak-kanak Negeri Pembina Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy experiment yang dilakukan di bulan Agustus 2024. Populasi penelitian adalah seluruh anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Padang yang berjumlah 135 anak, dengan sampel yakni 28 orang anak. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan bantuan instrumen. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji effect size. Kemudian data diolah menggunakan SPSS 26.0 for windows. Setelah diperoleh hasil uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas > 0,05 maka data dinyatakan normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji-t dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 yang artinya terdapat pengaruh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan uji effect size dengan mendapatkan nilai d=3,10 yang tergolong kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop-up book berbasis bercerita cukup efektif terhadap keterampilan berbicara anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Dini, Keterampilan Berbicara, Media Pop-up Book |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:14 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:14 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31880 |
