Cahyani, Atika Putri (2024) Pengaruh Media Mobil Suku Kata terhadap Kemampuan Membaca di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Kautsar Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_7_ATIKA_PUTRI_CAHYANI_18022149_61_2025.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan belum berkembangnya kemampuan membaca anak secara optimal. Sebagian besar anak tidak menunjukkan minat yang besar dalam kegiatan membaca, kondisi ini tidak terlepas dari pembelajaran yang kurang menarik dan monoton pada satu kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media mobil suku kata terhadap kemampuan membaca di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Kautsar Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Mobil suku kata ialah permainan edukatif berupa mobil dan terdapat beberapa suku kata pada bagian rodanya bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia dini. Membaca merupakan kemampuan yang sangat penting dalam kehidupan anak usia dini dalam proses tumbuh kembang mereka. Terdapat lima aspek perkembangan anak, dan salah satu yang mendasar adalah kemampuan membaca. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksprimen. Populasi penelitian yaitu seluruh murid di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu AlKautsar Kecamatan Lubuk Begalung Padang, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas kontrol dengan masingmasing anak berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berupa pernyataan sebanyak 5 item pernyataan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Adapun alat yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembaran pernyataan berupa skor hasil penilaian kemampuan anak, kemudian data diolah dengan melakukan pengujian menggunakan aplikasi SPSS 15.0. Hasil penelitian ini menunjukkan seluruh data dari kelas eksperimen dan kelas control berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji Hipotesis (uji independent sample test) yang peneliti lakukan memperoleh nilai sig 0,001 dan 0,001 yang berdasarkan kriteria pengukuran uji independent sample test dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang significant dari gain score kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat dimaknai bahwa skor anak mengalami peningkatan yang lebih tinggi dikelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media mobil suku kata, kemampuan membaca, anak usia dini |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:07 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:07 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31873 |
