Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Padang

Nurafni, Yofi (2012) Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YOFI_NURAFNI_86478_3242_2012.pdf] Text
final_B1_1_YOFI_NURAFNI_86478_3242_2012.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, memperoleh deskripsi kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Kedua, memperoleh deskripsi kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Ketiga, menganalisis hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2111 dengan jumlah sampel 30 orang. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data membaca pemahaman, dan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis paragraf eksposisi. Data kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan menulis paragraf eksposisi dihubungkan dengan menggunakan rumus product moment dan dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (69,10%). Kedua, kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (69,16%). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang pada derajat kebebasan n-2 pada taraf signifikan 95%. Artinya kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis paragraf eksposisi terdapat hubungan yang erat. Apabila kemampuan membaca pemahaman siswa tinggi, kemampuan menulis paragraf eksposisi juga tinggi. Sebaliknya, apabila kemampuan membacanya rendah, kemampuan menulis paragraf eksposisi juga rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:58
Last Modified: 10 Dec 2025 01:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31851

Actions (login required)

View Item
View Item