Pengaruh Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berfikir Kritis terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kab. 50 Kota

Maryeti, Weni (2012) Pengaruh Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berfikir Kritis terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kab. 50 Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_WENI_MARYETI_84685_1986_2012.pdf] Text
final_B1_1_WENI_MARYETI_84685_1986_2012.pdf

Download (433kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kemandirian belajar dan kemampuan berfikir kritis terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XSMAN 1 Kecamatan Situjuah Limo Nagari. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kecamatan Situjuah Limo Nagari yang belajar mata pelajaran ekonomi yang berjumlah sebanyak 300 orang. Ukuran sampel ditentukan dengan mengggunakan rumus Slovin, sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan secara Proportional Random Sampling. Angket dan Tes Essay digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan Uji F dan Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dari kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMAN 1 Kecamatan Situjuah Limo Nagari, dengan tingkat sig < α (0.000 < 0.05) (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dari kemampuan berfikir kritis terhadap hasil belajar ekonomi SMAN 1 Kecamatan Situjuah Limo Nagari, dan dengan tingkat sig < α (0.014 < 0.05) (3) kemandirian belajar dan kemampuan berfikir kritis secara bersamasama berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Kecamatan Situjuah Limo Nagari secara signifikan dan positif. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada siswa untuk dapat meningkatkan kemandirian belajar dengan cara, berusaha memahami materi dari berbagai sumber seperti Koran, majalah dan internet, serta dapat mengulang kembali pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya di rumah. Selain itu, siswa perlu mengembangkan kemampuan berfikir kritis yang dimilikinya dengan berusaha memahami materi pelajaran secara mendalam dan mengaitkannya dengan kehidupan serta aktif dalam menyampaikan argumen di kelas. Untuk guru dan pihak sekolah diharapkan untuk lebih memperhatikan lagi kemandirian belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa dalam proses pembelajaran dalam upaya untuk lebih memaksimalkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMAN 1 Kecamatan Situjuah Limo Nagari. i

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar,kemampuan berfikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:57
Last Modified: 10 Dec 2025 01:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31850

Actions (login required)

View Item
View Item