Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Model Think Talk Write di Kelas V SDN 03 Geragahan Kabupaten Agam

Emra, Rasya Rizkika Ramadhani (2025) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Model Think Talk Write di Kelas V SDN 03 Geragahan Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_RAYSA_RIZKIKA_RAMADHANI_EMRA_21129292_1022_2025.pdf] Text
B1_6_RAYSA_RIZKIKA_RAMADHANI_EMRA_21129292_1022_2025.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan di lapangan yaitu masih rendahnya kemampuan keterampilan menulis peserta didik di SDN 03 Geragahan Kabupaten Agam terhadap penggunaan ejaan yang belum tepat seperti penggunaan huruf kapital, tanda baca, pilihan kata serta ketepatan dalam menjelaskan hubungan sebab-akibat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi menggunakan model Think Talk Write di kelas SDN 03 Geragahan Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian yang diperoleh berkaitan dengan hasil pembelajaran model Think Talk Write. Teknik pengumpulan data berupa observasi atau analisis pengamatan, dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai pengamat atau observer, peneliti sebagai praktisi atau guru, dan peserta didik kelas V SDN 03 Geragahan Kabupaten Agam yang berjumlah 19 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, modul ajar siklus I diperoleh rata-rata 90,96% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,83% (SB). Kedua, hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 82,63% (C), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 95,83% (SB). Ketiga, hasil pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didi k siklus I diperoleh rata-rata 85,16% (B), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 95,83% (SB). Keempat, hasil keterampilan menulis peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 74,55 (D), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 87,05 (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Think Talk Write dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia teks eksplanasi di kelas V SDN 03 Geragahan Kabupaten Agam

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Teks Eksplanasi, Model Think Talk Write
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:55
Last Modified: 10 Dec 2025 01:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31846

Actions (login required)

View Item
View Item