Wahyuni, Sri (2016) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Intensif Berbasis Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) di Kelas VI Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_SRIWAHYUNI_14124048_3115_2016.pdf
Download (9MB)
Abstract
Salah satu masalah yang dihadapi peserta didik Sekolah Dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca intensif adalah bahan ajar yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan Kompetensi Dasar yang terdapat dalam kurikulum. Untuk itu, perlu dikembangkan bahan ajar membaca intensif yang dapat membantu peserta didik untuk memahami isi bacaan sesuai dengan tahapan membaca yaitu prabaca, saat baca, dan pascabaca. Pada penelitian ini dikembangkan bahan ajar membaca intensif berbasis PQ4R yang diharapkan dapat mencapai sasaran tersebut. Tujuan yang yang hendak dicapai dari upaya pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar membaca intensif berbasis PQ4R yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah divalidasi oleh tiga orang validator ahli dan dua orang validator praktisi. Data kepraktisan dikumpul melalui lembar observasi keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, angket respon guru dan peserta didik. Keefektifan dilihat dari proses pembelajaran membaca intensif dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil uji validitas yang dilakukan menunjukkan bahan ajar keterampilan membaca intensif yang dikembangkan memperoleh rata-rata 3,90 kategori valid. Hasil observasi keterlaksanaan RPP memperoleh persentase 92% kategori sangat praktis. Angket respons guru memperoleh persentase 95% kategori sangat praktis. Angket respon peserta didik memperoleh persentase 90% kategori sangat praktis. Hasil penilaian keterampilan membaca intensif berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahan ajar keterampilan membaca intensif berbasis Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) di kelas VI Sekolah Dasar yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Membaca,Membaca Intensif, Strategi PQ4R |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 01:52 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 01:52 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31838 |
