Pengembangan Bahan Ajar Membaca berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition di Kelas IV Sekolah Dasar.

Apfani, Sry (2015) Pengembangan Bahan Ajar Membaca berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SRY_APFANI_1309360_5627_2015.pdf] Text
final_1_SRY_APFANI_1309360_5627_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi pentingnya pengembangan bahan ajar membaca yang mampu meningkatkan keterampilan membaca peserta didik. Berdasarkan hal tersebut dikembangkan bahan ajar membaca berorientasi model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition. Tujuan yang ingin dicapai dalam upaya pengembangan bahan ajar ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar membaca yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penulisan adalah penulisan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Hasil penulisan dari uji validitas RPP yang dihasilkan memperoleh rata-rata nilai 3,56 (sangat valid), Bahan Ajar membaca yang telah dihasilkan dengan nilai rata-rata 3,48 (valid) . Hasil observasi keterlaksanaan RPP dengan nilai rata-rata 86,76 (sangat praktis), dan angket menyatakan bahwa bahan ajar ini praktis dengan nilai rata-rata 90,90. Pada tahap uji efektivitas, didapatkan hasil penilaian keterampilan membaca untuk penilaian keterampilan proses juga telah berada pada kategori sangat baik, dan didapatkan hasil rata-rata 92,33 dan sebanyak 19 orang peserta didik dari 20 orang total mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar membaca berorientasi model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Reading Integrated and Composition di kelas IV Sekolah Dasar yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar Membaca, Model Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaqran Membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:47
Last Modified: 10 Dec 2025 01:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31821

Actions (login required)

View Item
View Item