Tursina, Dewi (2009) Pengaruh Hubungan Interpersonal Guru-Siswa dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri I Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DEWI TURSINA 42878-03-09.pdf
Download (166kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh HubunganInterpersonal Guru-Siswa terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Jurusan Akuntansidi SMK Negeri 1 Padang Panjang. (2) Pengaruh Hubungan Interpersonal Guru-Siswa danMotivasi terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1Padang Panjang.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat asosiatif. Populasiini hádala seluruh siswa jurusan akuntansi tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 209orang. Teknik pengambilan sampel adalah Proportional Random Sampling. Datadidukung oleh data primer dan sekunder. Variabel penelitian yaitu variabel bebas yangterdiri dari hubungan interpersonal guru-siswa (X1) dan motivasi belajar (X2) danvariabel terikat hasil belajar (Y) sewaktu ulangan semester I pada tahun ajaran2008/2009. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan induktif melaluianalisis jalur dengan tingkat kepercayaan 95% pada 0,05.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Hubungan Interpersonal GuruSiswa berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa JurusanAkuntansi di SMK Negeri 1 Padang Panjang (sig=0,000), (2) Hubungan InterpersonalGuru-Siswa dan Motivasi berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi SiswaJurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Padang Panjang (sig=0,000). Pengaruh variabel lainterhadap hasil belajar sebesar 69,54%. Sedangkan rata-rata skor untuk masing-masingvariabel yaitu hubungan interpersonal guru-siswa 2,90 (sedang) dan motivasi belajar 2,72(sedang) serta variabel hasil belajar menunjukkan nilai rata-rata 66,74 termasuk ke dalamkategori (sedang).Berdasarkan penelitian ini, Penulis menyarankan kepada guru agar dapatmembina hubungan interpersonal yang baik dengan siswa sehingga siswa termotivasidalam belajar. Kemudian kepada siswa disarankan agar termotivasi di dalam belajarsehingga bisa mencapai hasil belajar yang memuaskan
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | GURU, SISWA, MOTIVASI, HASIL BELAJAR, AKUNTANSI |
| Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 02:30 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 02:30 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31806 |
