Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Model Pembelajaran Langsung (Direct Learning) pada Siswa Kelas X di SMA N 13 Padang dan SMA N 8 Padang

Seprina, Elza (2011) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Model Pembelajaran Langsung (Direct Learning) pada Siswa Kelas X di SMA N 13 Padang dan SMA N 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ELZA_SEPRINA_77701_2023_2011.pdf] Text
final_B1_ELZA_SEPRINA_77701_2023_2011.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil
belajar antara siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran Kontekstual
(Contextual Teaching and Learning) melalui pendekatan Konstruktivisme dengan
siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran Langsung (Direct Learning).
Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran ekonomi siswa kelas X SMA N 13
Padang dan SMA N 8 padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.
Populasi penelitian adalah siswa kelas X5 SMA N 13 Padang sebagai kelas
eksperimen dan kelas X4 SMA N 8 padang sebagai kelas kontrol. Teknik
pengambilan sampel penelitian adalah Purposive Sampling Method. Kelas
eksperimen berjumlah 39 orang siswa dan kelas kontrol berjumlah 41 orang
siswa. Data primer penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar ekonomi siswa.
Selanjutnya untuk menguji perbedaan hasil belajar kedua kelas sampel digunakan
uji Z.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan nilai rata-rata posttest kelas
eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol. Dari
hasil uji hipotesis diperoleh Zhit > Ztab sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal
ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode
pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Melalui
Pendekatan Konstruktivisme dengan metode pembelajaran Langsung (Direct
Learning). Akhirnya, untuk dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa,
disarankan kepada guru untuk dapat mempertimbangkan Model Pembelajaran
Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) melalui pendekatan
Konstruktivisme sebagai alternatif dalam proses pembelajaran. Kepada kepala
sekolah SMA N 13 Padang dan SMA N 8 Padang agar dapat memberikan
dorongan atau motivasi kepada guru dalam meningkatkan penggunaan Model
Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) melalui
pendekatan Konstruktivisme, misalnya dengan menyediakan sarana dan prasarana
guna menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 09 Dec 2025 05:40
Last Modified: 09 Dec 2025 05:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31795

Actions (login required)

View Item
View Item