Strategi Pembelajaran Materi Musik Barat di Kelas IX IPS 1 SMA Negeri 1 Banuhampu

Rudi, Ahmad (2024) Strategi Pembelajaran Materi Musik Barat di Kelas IX IPS 1 SMA Negeri 1 Banuhampu. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_AHMAD_RUDI_18232045_212_2025.pdf] Text
B1_6_AHMAD_RUDI_18232045_212_2025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Strategi Pembelajaran Materi Musik Barat di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banuhampu. Melihat bagaimana pelaksanaan pembelajaran materi musik barat oleh guru seni budaya yang latar belakang pendidikannya S1 Seni Rupa dengan menggunakan strategi Discovery Learning. Objek penelitian ini adalah strategi guru dalam pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Banuhampu pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik, peserta didik, serta sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran materi musik barat. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri dengan instrument pendukung yaitu berupa handphone dan alat tulis. Jenis data yang akan dianalisis pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Hasil yang dapat disimpulkan, pada tahap perencanaan terdapat kurangnya kesinambungan antara KD dengan tujuan pembelajaran yang dijabarkan. Pada KD 3.1 frasa menjelaskan sebaiknya menggunakan frasa memahami karena pada tingkatan SMA, makna memahami lebih dirasa cocok dan mumpuni daripada sekedar menjelaskan. Pada tahap pelaksanaan guru tidak menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran padahal hal ini merupakan kegiatan yang seharusnya dilakukan pertama kali agar siswa mengetahui tentang materi yang akan dipelajari. Pada tahap evaluasi guru mengadakan tes tertulis sebagai acuan evaluasi pembelajaran, dan mengadakan remedial bagi siswa yang memiliki pengetahuan dan nilai akhir di bawah KKM. Berdasarkan dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Discovery Learning yang diterapkan kurang efektif, karena strategi ini tidak memenuhi tujuan akhir pembelajaran seperti yang tercantum pada pedoman pembelajaran kurikulum 2013. Hal ini diketahui dari banyaknya siswa yang masih belum memahami karakteristik dari musik modal, tonal dan atonal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran Seni Budaya, Materi Musik Barat
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Musik-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 05:33
Last Modified: 09 Dec 2025 05:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31788

Actions (login required)

View Item
View Item