Afrianis, Elza (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat IPS (Ekonomi) dengan Menggunakan Teknik Kepala Bernomor Terstruktur di SMKN 1 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ELZA_AFRIANIS_77588_2902_2011.pdf
Download (456kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat IPS (Ekonomi) dengan menggunakan teknik kepala bernomor terstruktur di SMKN 1 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan secara kolaborasi dengan guru mata diklat IPS (Ekonomi) yang bertindak sebagai observer dan peneliti sebagai guru mata diklat IPS (Ekonomi). Objek penelitian ini adalah siswa kelas X AP 2 SMKN 1 Sijunjung terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 28 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2011. Penelitian ini terdiri dari empat siklus. Masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa pada siklus I, II, III dan IV selama menggunakan teknik kepala bernomor terstruktur. Tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang diberikan selama penelitian yang diujikan pada siklus II dan IV. Data yang diperoleh diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase aktivitas belajar siswa yang memuaskan. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 59,85% berada pada kategori cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 71,80% berada pada kategori tinggi. Pada siklus III terjadi peningkatan sebesar 79,86% berada pada kategori tinggi. Pada siklus IV terjadi peningkatan sebesar 84,58% berada pada kategori sangat tinggi. Peningkatan aktivitas belajar siswa juga diikuti dengan peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 66,67% dan meningkat pada siklus IV sebesar 83,33%, ini dikarenakan dalam pelaksanaan penelitian dengan menggunakan teknik kepala bernomor terstruktur menuntut siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat IPS (Ekonomi) dapat meningkat dengan penggunaan teknik kepala bernomor terstruktur. Disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan teknik kepala bernomor terstruktur sebagai salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat IPS (Ekonomi).
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Ekonomi, Hasil Belajar, Siswa |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 05:28 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 05:29 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31779 |
