Peningkatan Hasil Belajar Luas Lingkaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 25 Air Tawar Selatan Kota Padang

Marta, Edi (2011) Peningkatan Hasil Belajar Luas Lingkaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 25 Air Tawar Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_EDI_MARTA_93649_2011.pdf] Text
final_B1_EDI_MARTA_93649_2011.pdf

Download (266kB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 25 Air Tawar Selatan Kota Padang menunjukkan bahwa pembelajaran Luas Lingkaran belum terlaksana dengan baik. Hal ini disebabkan karena pertama, pembelajaran Luas Lingkaran dilaksanakan secara konvensional. Guru masih Dominan menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Kedua, siswa susah atau kurang memahami maksud soal. dan ketiga, contoh yang diberikan guru tidak berhubungan dengan dunia nyata siswa. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar dan hasil belajar yang diperolehnya rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar luas lingkaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) di bidang pendidikan dan pengajaran luas lingkaran dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran Luas Lingkaran pada suatu kelas yaitu kelas V Sekolah Dasar. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua kali siklus menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif pada siklus I 72% meningkat pada siklus II menjadi 94%, hasil belajar afektif pada siklus I 72% meningkat pada siklus II menjadi 84%, dan hasil belajar psikomotor pada siklus I 68% meningkat pada siklus II menjadi 85%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa secara keseluruhan pada siklus I mencapai 71% sedangkan ketuntasan belajar menurut BNSP adalah 75-100%, dan pada siklus II meningkat menjadi 88%, dengan demikian pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang luas lingkaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 09 Dec 2025 05:19
Last Modified: 09 Dec 2025 05:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31771

Actions (login required)

View Item
View Item