Pengaruh Menfaat Koperasi dan Kualitas Pelayanan Koperasi Terhadap Partisipasi Anggota Pada Koperasi Pedagang Buah Segar ( KPBS ) Parak Laweh Kec. Lubuk Begalung Padang

Fitrianti, Rosy (2014) Pengaruh Menfaat Koperasi dan Kualitas Pelayanan Koperasi Terhadap Partisipasi Anggota Pada Koperasi Pedagang Buah Segar ( KPBS ) Parak Laweh Kec. Lubuk Begalung Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_ROSY_FITRIANTI_13285_2990_2014.pdf] Text
final_B1_1_ROSY_FITRIANTI_13285_2990_2014.pdf

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis pengaruh manfaat
dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota di Koperasi Pedagang Buah
Segar (KBPS) Parak Laweh Kec. LUBEG Padang. Jenis penelitian ini bersifat
deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota
Koperasi Pedagang Buah Segar (KBP) yang berjumlah anggota 68 orang. Teknik
pengambilan sampel penelitian adalah total sampling. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah angket. Sebelum digunakan untuk memperoleh data,
angket diuji Validitas dan Realibilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif dan analisis induktif (inferensial). Untuk menguji
hipotesis digunakan Uji t dan Uji F.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang
signifikan antara manfaat terhadap partisipasi anggota, dengan sig 0,000 < α =
0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap
partisipasi anggota, dengan sig 0,002 < α = 0,05. (3) Terdapat pengaruh bersamasama yang signifikan antara manfaat dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi
anggorta Koperasi Pedagang Buah Segar (KBPS) Parak Laweh Kec. LUDEG
Padang. 0,000 < α = 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada pengurus koperasi
memberikan manfaat koperasi dan pkualitas pelayanan yang baik untuk
mendukung anggota untuk dapat berpartisipasi aktif dalam menggerakkan
Koperasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi anggota, manfaat, kualitas pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:01
Last Modified: 04 Dec 2025 02:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31749

Actions (login required)

View Item
View Item