Trisia, Cici (2017) Persepsi Siswa Kelas XI Terhadap Kegiatan Manajemen Kelas oleh Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_CICI_TRISIA_1304566_4629_2017.pdf [thumbnail of B1_01_CICI_TRISIA_1304566_4629_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_CICI_TRISIA_1304566_4629_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis pada
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Padang menunjukkan masih kurang
tepatnya kegiatan manajemen kelas yang dilakukan oleh guru. Tujuan
penelitian untuk memperoleh informasi tentang persepsi siswa kelas XI
terhadap kegiatan manajemen kelas oleh guru di Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri 2 Padang.Pada penelitian ini terdapat dua indikator
kegiatan manajemen kelas yaitu : 1) pengaturan peserta didik (kondisi
emosional) dan 2) pengaturan fasilitas (kondisi fisik).
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas XI pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2
Padang berjumlah 418 orang. Sampel penelitian 81 orang ditentukan
menggunakan rumus Slovin. Jenis data penelitian adalah data primer dimana
sumber data seluruh siswa kelas XI pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
2 Padang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk
skala Likert dengan lima alternatif jawaban yaitu Selalu (SL), Sering (SR),
Kadang-kadang (KD), Jarang (JR), dan Tidak Pernah (TP) yang telah melalui
validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas XI
terhadap kegiatan manajemen kelas oleh guru di Sekolah Menengah Kejuruan
Negeri 2 Padang yang ditinjau dari dua indikator, yaitu: 1) pengaturan peserta
didik (kondisi emosional) memperoleh tingkat capaian 72,09% berada pada
kriteria baik, dan 2) pengaturan fasilitas (kondisi fisik) memperoleh tingkat
capaian 75,31% berada pada kriteria baik. Jadi secara keseluruh persepsi siswa
kelas XI terhadap kegiatan manajemen kelas oleh guru di Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri 2 Padang tingkat capaian 73,70 berada pada kriteria baik.
Hasil penelitian secara keseluruhan mengenai persepsi siswa kelas XI terhadap
kegiatan manajemen kelas oleh guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2
Padang memperoleh skor rata-rata 3,78 tingkat capaian 73,70 dengan kriteria
baik. Untuk itu guru perlu meningkatkan kegiatan manajemen kelas agar
kelas lebih kondusif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 04:06 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 04:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3174 |