Analisis Persepsi Siswa tentang Kemampuan Manajemen Kelas oleh Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMA N1 Ulakan Tapakis.

Nelly, Rosma (2012) Analisis Persepsi Siswa tentang Kemampuan Manajemen Kelas oleh Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMA N1 Ulakan Tapakis. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_ROSMA_NELLY_84736_6298_2012.pdf] Text
final_B1_1_ROSMA_NELLY_84736_6298_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1)pengaruh persepsi siswa
tentang kemampuan manajemen peserta didik oleh guru terhadap hasil belajar siswa,
(2) pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan manajemen iklim kelas oleh guru
terhadap hasil belajar siswa, (3)pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan
manajemen program pengajaran oleh guru terhadap hasil belajar siswa, (4)pengaruh
persepsi siswa tentang kemampuan manajemen sarana prasarana oleh guru terhadap
hasil belajar siswa, (5) pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan manajemen
peserta didik, iklim kelas, program pengajaran dan sarana prasarana terhadap hasil
belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif assosiatif. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XII IPS SMA N1 Ulakan Tapakis yang mengambil mata
pelajaran akuntansi tahun ajaran 2011-2012 yang berjumlah 103 orang. Penentuan
besar sampel didasarkan pada teori Slovin, sampelnya berjumlah 51 orang. Teknik
penarikan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Teknik
analisis data dengan menggunakan regresi berganda dengan uji signifikan uji t dan
uji f sedangkan uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)kemampuan manajemen peserta
didik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
akuntansi di kelas XII IPS SMA N1 Ulakan Tapakis, (2) kemampuan manajemen
iklim kelas berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
akuntansi di kelas XII IPS SMA N1 Ulakan Tapakis, (3) Kemampuan manajemen
program pengajaran tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran akuntansi di kelas XII IPS SMA N1 Ulakan Tapakis,(4) kemampuan
manajemen sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran akuntansi di kelas XII IPS SMA N1 Ulakan Tapakis.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan guru mata pelajaran akuntansi
agar bisa membimbing siswa dalam menyimpulkan materi yang telah dibahas, agar
mewajibkan peserta didik melengkapi alat-alat pelajaran serta buku yang dibutuhkan,
agar bisa memberikan motivasi untuk belajar kepada peserta didik, agar bisa
menciptakan iklim komunikasi yang kondusif di dalam kelas, tidak meninggalkan
kelas selama jam mengajar berlangsung, supaya menyampaikan materi secara
menarik, supaya menggunakan sarana pembelajaran yang tersedia seperti ruang labor
komputer, supaya menggunakan infocus dan OHP sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:05
Last Modified: 04 Dec 2025 02:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31738

Actions (login required)

View Item
View Item