Rahmi. R, Rahmi. R (2013) Pengaruh Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran pada Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi (MPA) di SMK Negeri 1 Enam Lingkung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_RAHMI_R_02430_718_2013.pdf
Download (785kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh langsung motivasi belajar terhadap kebiasaan belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK N 1 Enam Lingkung. (2) pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK N 1 Enam Lingkung. (3) pengaruh langsung kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK N 1 Enam Lingkung. (4) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar melalui kebiasaan belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh variabel eksogen mempengaruhi variabel endogen. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran angket dengan skala Likert dan data sekunder diperoleh dari guru mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi (MPA) semester II tahun pelajaran 2011/2012. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMKN 1 Enam Lingkung yang berjumlah 65 orang. Penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan induktif yang terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan analisis jalur. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar adalah 79.00. Skor rata-rata variabel motivasi belajar adalah 3,88 dan TCR sebesar 77,57% dikategorikan memiliki motivasi belajar yang baik dalam belajar. Skor rata-rata variabel kebiasaan belajar adalah 3,91 dan TCR sebesar 78,09% dikategorikan memiliki kebiasaan belajar yang baik. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa: (1) Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap kebiasaan belajar terlihat dari Sig = 0,000 < α = 5% atau t hitung = 5,461 > t tabel = 1,999 yang membuktikan bahwa hipotesis diterima. (2) Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar terlihat dari Sig = 0,024 < α = 5% atau t hitung = 2,306 > t tabel = 1,999 yang membuktikan bahwa hipotesis diterima. (3) Kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar terlihat dari Sig = 0,001 < α = 5% atau t hitung = 3,529 > t tabel = 1,999 yang membuktikan bahwa hipotesis diterima. (4) Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar melalui kebiasaan belajar terlihat dari nilai Fhitung 19,890 > Ftabel 3,145 dengan level sig < α (0,000 < 0,05).
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI BELAJAR, KEBIASAAN BELAJAR |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:07 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:07 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31732 |
