Juita, Dewi (2012) Pengembangan E-learning dalam Bentuk Buku Ajar Berbahasa Inggris untuk Pembelajaran Siswa R-SMA-BI Kelas X Semester 1. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DEWI JUITA_05071_2012.pdf
Download (139kB)
Abstract
Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) menuntut pembelajaran Fisikaberbahasa Inggris dan berbasis ICT. Namun sumber belajar berbahasa Inggris danberbasis ICT masih belum banyak tersedia. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalahadalah mengembangkan e-learning dalam bentuk buku ajar berbahasa Inggrismenggunakan software LMS Moodle. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untukmenghasilkan e-learning dalam bentuk buku ajar berbahasa Inggris untuk pembelajaranFisika, khususnya untuk materi Fisika kelas X semester 1 yang memiliki deskripsi baik,valid, praktis, dan efektif.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D).Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen before-after yang diterapkanpada objek penelitian. Sebagai objek penelitian ada tiga yaitu e-learning, buku ajar, dansiswa kelas X.6 R-SMA-BI di SMAN 1 Padang yang berjumlah 32 orang. Instrumenpengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: lembar validasi, lembar ujikepraktisan menurut guru Fisika, lembar uji kepraktisan dalam pembelajaran, dan teshasil belajar. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah teknikmendeskripsikan, metode grafik, analisis deskriptif, dan analisis perbandinganberkorelasi.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan empat hasilpenelitian. Pertama, buku ajar memiliki validitas tinggi dengan nilai rata-rata dari tenagaahli 84,17. Kedua, desain buku ajar untuk kelas X semester 1 memiliki menu utamahome, competence, learning book, download, dan site news yang dilengkapi dengan videodan animasi serta dikemas dalam bentuk online. Ketiga, nilai kepraktisan e-learningdalam bentuk buku ajar berbahasa Inggris oleh guru Fisika adalah 91,79 dan penggunaane-learning dalam bentuk buku ajar berbahasa Inggris dalam implementasi pembelajaranmenurut KTSP adalah praktis dengan nilai rata-rata adalah 87,82. Keempat, penggunaane-learning dalam bentuk buku ajar berbahasa Inggris dalam implementasi pembelajaranmenurut KTSP adalah efektif yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar Fisika siswasecara berarti.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | E-LEARNING, BUKU AJAR, PEMBELAJARAN INGGRIS |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:08 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:08 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31727 |
