Angraini, Dewi (2011) Pengembangan Modul Biologi Berbasis Problem Solving pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Semester 1. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DEWI ANGRAINI-77467-2011.pdf
Download (204kB)
Abstract
Mata pelajaran biologi materi pokok sistem pencernaan merupakan materiyang cukup menarik untuk dipelajari, karena sangat dekat dengan kehidupan siswa,namun pada kenyataannya dalam mempelajari materi ini siswa kurang termotivasiuntuk berpikir kritis. Hal ini disebabkan metode pembelajaran kurang bervariasi,pembelajaran juga tidak ditunjang oleh materi yang memotivasi siswa untuk belajarmandiri dan berpikir kritis. Untuk mengatasi masalah ini maka salah satu upaya yangdapat dilakukan adalah menggunakan modul berbasis problem solving. Tujuan daripenelitian ini yaitu menghasilkan suatu modul berbasis problem solving yang validdan praktis.Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan four-D-modelsyang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan(develop) dan penyebaran (disseminate), namun tahap disseminate tidak dilakukan.Tahap define terdiri atas analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas, dan analisiskonsep. Pada tahap design dilakukan perancangan modul pembelajaran berbasisproblem solving. Tahap develop bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaranberbasis problem solving yang telah direvisi oleh dosen dan guru sehingga didapatbentuk akhir perangkat yang dapat digunakan dalam uji coba. Tahap developdilakukan melalui beberapa tahap yaitu validasi oleh dosen dan guru, serta uji cobaterbatas pada siswa di SMPN 7 Padang kelas VIII2. Data yang dikumpulkan daripenelitian ini adalah hasil validasi modul pembelajaran, dan praktikalitas modulpembelajaran yang dihasilkan. Data diambil menggunakan skala likert dan data inidianalisis dengan analisis deskriptif.Dari penelitian dihasilkan produk berupa modul berbasis problem solvingpada materi pokok sistem pencernaan. Dari hasil validitas modul didapatkan bahwamodul yang dihasilkan termasuk valid, sedangkan dari hasil uji praktikalitas moduldiperoleh bahwa modul yang dihasilkan termasuk praktis.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | BIOLOGI, PROBLEM SOLVING, SISTEM PENCERNAAN MANUSIA |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:17 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:17 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31693 |
