Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Sense Of Humor Guru dengan Motivasi Belajar Siswa SMPN 3 Batusangkar

Wahyuni, Dwi (2011) Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Sense Of Humor Guru dengan Motivasi Belajar Siswa SMPN 3 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DWI_WAHYUNI_72435_2011.pdf] Text
final_B1_DWI_WAHYUNI_72435_2011.pdf

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan tentang perilaku siswa saat proses belajar berlangsung. Siswa sering kelihatan tidak memperhatikan pelajaran atau
bercerita dengan teman-temanya, atau terlihat terkantuk-kantuk yang dapat mengurangi motivasi belajar. Kondisi lingkungan merupakan salah satu faktor
yang mempengaruhi motivasi belajar. Salah satu cara untuk menciptakan kondisi lingkungan yang menyenangkan adalah dengan menberikan sisipan humor.Namun pada proses mengajar humor dapat dipersepsikan berbeda-beda oleh siswa
sebagai suasana yang menyenangkan atau hal yang menggangu proses belajar.Melihat gejala tersebut, maka dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang sense of humor guru
dengan motivasi belajar siswa SMPN 3 Batusangkar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara persepsi tentang sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 3 batusangkar Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran persepsi tentang
sense of humor guru oleh siswa kelas VII SMPN 3 Batusangkar dan untuk memperoleh gambaran motivasi belajar pada siswa kelas VII SMPN 3 Batusangkar serta untuk melihat gambaran hubungan antara persepsi siswa tentang sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 3
Batusangkar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP 3
di Batusangkar, yaitu berjumlah 214 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode random sampling sebanyak 25% yaitu 54 orang. Pengumpulan data untuk variabel sense of humor menggunakan skala sense of humor yang terdiri dari 35 item dan variabel motivasi belajar menggunakan skala
motivasi belajar yang terdiri dari 42 aitem. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik korelasi product moment yang dianalisis dengan menggunakan SPSS 12.0 for windows. Hasil penelitian ini mendukung hipotesis penelitian bahwa ada hubungan antara persepsi tentang sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 3 batusangkar dengan koefisien korelasi sebesar 0,568.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 09 Dec 2025 02:34
Last Modified: 09 Dec 2025 02:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31674

Actions (login required)

View Item
View Item