Roselyn, Roselyn (2014) Pengaruh Cara Belajar, Pendidikan Orang Tua dan Pendapatan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_ROSELYN_02391_5829_2014.pdf
Download (589kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh cara belajar,
pendidikan orang tua dan pendapatan orang tua terhadap hasil belajar ekonomi
siswa SMA Negeri Kecamatan Koto Tangah Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Penelitian
dilakukan di SMA Negeri Kecamatan Koto Tangah Padang yaitu SMA Negeri 7
Padang, SMA Negeri 8 Padang dan SMA Negeri 13 Padang. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua siswa Kelas X, XI dan XII SMA Negeri Kecamatan
Koto Tangah Padang sebanyak 1448 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 313
orang dengan metode proportional random sampling. Data primer penelitian
dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada sampel/responden
penelitian. Data sekunder berupa hasil belajar ekonomi siswa yang didapatkan
dengan cara meminta langsung kepada guru yang mengajar ekonomi di kelas yang
menjadi sampel penelitian. Data yang telah terkumpul tersebut lalu dianalisis
secara statistik dengan analisis regresi berganda dengan menggunakan program
SPSS versi 17.0.
Hasil dari analisis data diperoleh bahwa (1) Terdapat pengaruh yang
signifikan cara belajar terhadap hasil belajar dengan sig sebesar 0,032 < 0,05 dan
thitung 2,157 > ttabel 1,960. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan orang
tua terhadap hasil belajar dengan sig sebesar 0,028 < 0,05 dan thitung 2,213 > ttabel
1,960. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pendapatan orang tua terhadap hasil
belajar dengan sig sebesar 0,016 < 0,05 dan thitung 2,417 > ttabel 1,960. (4) Terdapat
pengaruh yang signifikan cara belajar, pendidikan orang tua dan pendapatan orang
tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan sig sebesar 0,00, yang
berarti lebih kecil dari α = 0,05 dan fhitung 8,360 > ftabel 2,633.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa cara belajar,
tingkat pendidikan orang tua dan pendapatan orang tua merupakan tiga faktor
yang dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Dengan demikian
disarankan kepada siswa SMA Negeri 7 Padang, SMA Negeri 8 Padang dan SMA
Negeri 13 Padang untuk memberdayakan cara belajar yang baik dan
mempertahankan prestasi yang telah diperoleh.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:21 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:21 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31658 |
